Sabtu, 29 Januari 2011

Apa itu Domain

Domain adalah nama unik yang diberikan untuk mengidentifikasi nama server hosting pada jaringan internet. Domain ini untuk mempermudah penyebutan atau pemanggilan data/informasi pada sebuah server. Seperti kita ketahui, untuk mengakses ke lain komputer kita harus menggunakan IP Address. Nah domain ini merupakan alias untuk menggantikan rentetan IP Address tersebut.
TLD adalah nama belakang atau ekstensi dari domain. Contohnya adalah com org info net biz co.id dll.
Name Server(NS) merupakan alamat atau lokasi dari suatu server. Misalnya kita mempunyai domain domainku.com yang tersimpan di server. Untuk menuju kesana, pihak server menyediakan NS supaya memudahkan dalam pengaksesan data.
Domain Name Sistem(DNS) adalah aturan yang dipakai dalam penamaan nama domain. Selain DNS ada istilah Propagasi DNS yaitu proses penyebaran dari DNS supaya dikenali oleh seluruh jaringan internet.

Domain yang berkaitan dengan dua huruf ekstensi, dan sering juga disebut second level domain, seperti .id(Indonesia), .au(Australia), .jp(Jepang) dan lain lain. Domain ini dioperasikan dan di daftarkan dimasing negara. Di Indonesia, domain-domain ini berakhiran, .co.id, .ac.id, .go.id, .mil.id, .or.id, dan pada akhir-akhir ini ditambah dengan war.net.id, .mil.id, dan web.id. Penggunaan dari masing-masing akhiran tersebut berbeda tergantung pengguna dan pengunaannya, antara lain:
Ø.co.id : Untuk Badan Usaha yang mempunyai badan hukum sah
Ø.ac.id : Untuk Lembaga Pendidikan
Ø.go.id : Khusus untuk Lembaga Pemerintahan Republik Indonesia
Ø.mil.id : Khusus untuk Lembaga Militer Republik Indonesia
Ø.or.id : Untuk segala macam organisasi yand tidak termasuk dalam kategori “ac.id”,”co.id”,”go.id”,”mil.id” dan lain
Ø.war.net.id : untuk industri warung internet di Indonesia
Ø.sch.id : khusus untuk Lembaga Pendidikan yang menyelenggarakan pendidikan seperti SD, SMP dan atau SMU
Ø.web.id : Ditujukan bagi badan usaha, organisasi ataupun perseorangan yang melakukan kegiatannya di Worl Wide Web.
Nama domain dari tiap-tiap situs di seluruh dunia tidak ada yang sama sehingga tidak ada satupun situs yang akan dijumpai tertukar nama atau tertukar halaman situsnya. Untuk memperoleh nama dilakukan penyewaan domain, biasanya dalam jangka tertentu(tahunan).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar